AS Akui Salah Sasaran dan Tewaskan 6 Orang

Kompas.com - 08/05/2012, 04:45 WIB
EditorLaksono Hari W

KABUL, KOMPAS.com — Pejabat Militer AS menyatakan bertanggung jawab dan menyesal karena telah salah melakukan serangan udara yang menewaskan enam anggota keluarga di barat daya Afganistan.

Serangan pada Jumat (4/5/2012) malam itu pertama kali diungkapkan oleh Gubernur Provinsi Helmand di Afganistan, Gulab Mangal Muhammad, pada Senin (7/5/2012) kemarin. Serangan itu menewaskan seorang wanita beserta tiga anak perempuan dan dua anak laki-laki.

Juru bicara Mangal, Dawoud Ahmadi, mengatakan, setelah melakukan penyelidikan, pihaknya memastikan bahwa serangan udara AS telah salah menentukan sasaran dan justru menyasar rumah keluarga di distrik Sangin. Serangan militer itu dilancarkan atas permintaan kepada AS untuk menanggapi serangan Taliban itu.

Ahmadi mengatakan, Mangal telah memanggil komandan regional dari Pasukan Marinir AS Mayor Jenderal Charles M Gurganus untuk menyampaikan keluhannya atas serangan tersebut. Gurganus pun telah meminta maaf atas insiden itu.

Seorang juru bicara militer Amerika Serikat di Helmand, Letnan Kolonel Stewart Upton, menyampaikan rasa penyesalan terhadap tindakan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional yang dipimpin oleh NATO tersebut. Ia menyatakan, para pejabat AS memberikan perhatian terhadap peristiwa itu dan segera memulai penyelidikan.

"Kami menyatakan penyesalan atas insiden tersebut dan kami sedang menyelidiki untuk memastikan bagaimana ini terjadi. Kami sangat sedih atas kematian warga sipil dan menyesali kejadian di mana warga sipil tewas," ujarnya.

Upton menyatakan bahwa Gurganus akan segera menyatakan permintaan maaf secara resmi kepada keluarga korban dalam beberapa hari mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.