Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Akui Salah Sasaran dan Tewaskan 6 Orang

Kompas.com - 08/05/2012, 04:45 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Pejabat Militer AS menyatakan bertanggung jawab dan menyesal karena telah salah melakukan serangan udara yang menewaskan enam anggota keluarga di barat daya Afganistan.

Serangan pada Jumat (4/5/2012) malam itu pertama kali diungkapkan oleh Gubernur Provinsi Helmand di Afganistan, Gulab Mangal Muhammad, pada Senin (7/5/2012) kemarin. Serangan itu menewaskan seorang wanita beserta tiga anak perempuan dan dua anak laki-laki.

Juru bicara Mangal, Dawoud Ahmadi, mengatakan, setelah melakukan penyelidikan, pihaknya memastikan bahwa serangan udara AS telah salah menentukan sasaran dan justru menyasar rumah keluarga di distrik Sangin. Serangan militer itu dilancarkan atas permintaan kepada AS untuk menanggapi serangan Taliban itu.

Ahmadi mengatakan, Mangal telah memanggil komandan regional dari Pasukan Marinir AS Mayor Jenderal Charles M Gurganus untuk menyampaikan keluhannya atas serangan tersebut. Gurganus pun telah meminta maaf atas insiden itu.

Seorang juru bicara militer Amerika Serikat di Helmand, Letnan Kolonel Stewart Upton, menyampaikan rasa penyesalan terhadap tindakan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional yang dipimpin oleh NATO tersebut. Ia menyatakan, para pejabat AS memberikan perhatian terhadap peristiwa itu dan segera memulai penyelidikan.

"Kami menyatakan penyesalan atas insiden tersebut dan kami sedang menyelidiki untuk memastikan bagaimana ini terjadi. Kami sangat sedih atas kematian warga sipil dan menyesali kejadian di mana warga sipil tewas," ujarnya.

Upton menyatakan bahwa Gurganus akan segera menyatakan permintaan maaf secara resmi kepada keluarga korban dalam beberapa hari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com