Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban: Serangan Ini karena Kunjungan Obama

Kompas.com - 02/05/2012, 13:34 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Satu bom mobil meledak dan milisi Taliban yang menyamar dengan mengenakan burka menyerang sebuah kompleks permukiman warga asing di Kabul, Afganistan, Rabu (2/5/2012).

Pihak Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dan menyebutnya sebagai respons atas kedatangan Presiden AS Barack Obama.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah Obama meninggalkan negara itu setelah melakukan kunjungan mendadak selama sekitar enam jam.

Sedikitnya enam orang terbunuh dalam serangan yang terjadi pada sekitar pukul 6 pagi itu, kata pejabat berwenang. Ledakan dan tembakan terus terdengar dari kompleks dengan penjagaan tingkat tinggi yang dikenal sebagai Green Village.

Rangkaian ledakan itu terjadi pada pukul 06.00 pagi dan suara tembakan masih terdengar beberapa jam setelahnya. Sebuah ledakan besar terdengar dari dalam Green Village sekitar pukul 09.00.

Seorang polisi Afganistan mengatakan dua penyerang bunuh diri masih berada di dalam kompleks Green Village dan masih "melawan".

Menurut seorang saksi mata yang melihat awal serangan itu, para penyerang mengenakan burka. "Sebuah mobil berhenti dan enam orang mengenakan burka memasuki gang dengan membawa kantong-kantong besar. Ketika mereka masuk gang itulah suara ledakan terdengar," tuturnya.

Juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid menyatakan pihaknya bertanggung jawab atas serangan yang direncanakan pada Selasa malam sebagai respons pada kedatangan Obama.

"(Serangan) ini merupakan reaksi atas kunjungan Obama ke Afganistan," katanya, tanpa memberi penjelasan lebih lanjut. Dikatakannya, targetnya adalah "pangkalan militer asing", seperti dikutip kantor berita AP.

"Hari ini seorang mujahid yang taat melakukan serangan bom bunuh diri di sebuah pangkalan militer asing di Kabul, disusul serbuan mujahid-mujahid taat lainnya ke pangkalan tersebut," katanya kepada AFP.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com