Keramik Ubin Indonesia Peringkat 6 Dunia

Kompas.com - 19/04/2012, 14:38 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri keramik di Indonesia tumbuh mengesankan setelah bangkit dari krisis dan terus berkembang. Bahkan, keramik jenis tile (ubin) Indonesia kini berada pada peringkat 6 di dunia.

"Perkembangan produk keramik tile memberi hasil cemerlang sehingga berada pada peringkat 6 setelah China, India, Italia, Brasil, dan Spanyol," kata Menteri Perindustrian, MS Hidayat, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Panggah Susanto, Dirjen Industri Basis Manufaktur Kementerian Perindustrian, pada pembukaan pameran Renovation & Construction Expo di Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Hidayat mengatakan, prestasi keramik ubin saat ini merupakan imbas dari meningkatnya permintaan infrastruktur dan industri bangunan perumahan dan perkantoran. Ke depan, kata dia, pemerintah akan terus memberikan perhatian terhadap perkembangan industri keramik tanah air. Ia menambahkan, lepas dari permasalahan kurang meratanya pasokan gas dari Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai bahan baku keramik, industri ini masih berpeluang besar untuk terus dikembangkan.

"Industri keramik ini menjanjikan karena didukung pertumbuhan ekonomi yang meningkat, tuntutan kualitas dan inovasi tinggi, serta masih terbuka luas rentangnya dari pasar premium maupun kualitas lebih rendah," jelasnya.

"Apalagi, bila permasalahan utama industri keramik, yakni bahan baku dan energi bisa segera diatasi," tambahnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Asosiasi Industri Keramik Indonesia (ASAKI), Achmad Wijaja, mengatakan di tengah beragam keterbatasan, industri keramik mampu menyumbang 3 % terhadap perekonomian nasional. Selain memberikan sumbangan besar, industri keramik juga memberi sumbangan penyerapan tenaga kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.