Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keramik Ubin Indonesia Peringkat 6 Dunia

Kompas.com - 19/04/2012, 14:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri keramik di Indonesia tumbuh mengesankan setelah bangkit dari krisis dan terus berkembang. Bahkan, keramik jenis tile (ubin) Indonesia kini berada pada peringkat 6 di dunia.

"Perkembangan produk keramik tile memberi hasil cemerlang sehingga berada pada peringkat 6 setelah China, India, Italia, Brasil, dan Spanyol," kata Menteri Perindustrian, MS Hidayat, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Panggah Susanto, Dirjen Industri Basis Manufaktur Kementerian Perindustrian, pada pembukaan pameran Renovation & Construction Expo di Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Hidayat mengatakan, prestasi keramik ubin saat ini merupakan imbas dari meningkatnya permintaan infrastruktur dan industri bangunan perumahan dan perkantoran. Ke depan, kata dia, pemerintah akan terus memberikan perhatian terhadap perkembangan industri keramik tanah air. Ia menambahkan, lepas dari permasalahan kurang meratanya pasokan gas dari Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai bahan baku keramik, industri ini masih berpeluang besar untuk terus dikembangkan.

"Industri keramik ini menjanjikan karena didukung pertumbuhan ekonomi yang meningkat, tuntutan kualitas dan inovasi tinggi, serta masih terbuka luas rentangnya dari pasar premium maupun kualitas lebih rendah," jelasnya.

"Apalagi, bila permasalahan utama industri keramik, yakni bahan baku dan energi bisa segera diatasi," tambahnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Asosiasi Industri Keramik Indonesia (ASAKI), Achmad Wijaja, mengatakan di tengah beragam keterbatasan, industri keramik mampu menyumbang 3 % terhadap perekonomian nasional. Selain memberikan sumbangan besar, industri keramik juga memberi sumbangan penyerapan tenaga kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com