Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utang Yunani Dikurangi

Kompas.com - 10/03/2012, 02:25 WIB

ATHENA, JUMAT - Yunani akhirnya berhasil mengatasi kendala dalam restrukturisasi utang. Sebagian besar kreditor menyatakan sepakat memangkas piutang mereka dalam bentuk obligasi. Langkah ini memuluskan kucuran dana talangan.

Setelah berpekan-pekan melakukan diskusi intensif, Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos, di Athena, Jumat (9/3), menyatakan, 85,8 persen kreditor pemegang obligasi Pemerintah Yunani sepakat menandatangani penghapusan sebagian utang tersebut. Kesepakatan dari mayoritas pemegang obligasi itu juga digunakan untuk menekan investor lain yang belum sepakat.

”Kami telah mendapatkan keberhasilan sangat besar. Saya yakin semua orang segera menyadari bahwa ini merupakan satu-satunya cara agar negara ini tetap dapat berdiri dan diberi kesempatan bersejarah kedua yang diperlukan,” ujar Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos, di hadapan parlemen.

Melalui kesepakatan itu, pemegang obligasi menerima pengurangan piutang sebesar 53,3 persen. Sisanya akan direstrukturisasi dengan obligasi baru dengan jangka waktu pembayaran lebih lama dan bunga lebih rendah. Cara pembayaran ini meringankan beban Yunani.

Dari total 368 miliar euro utang Yunani, sebanyak 206 miliar euro merupakan utang kepada investor swasta. Sebanyak 100 miliar euro dari total utang ke swasta itu segera dihapuskan. Kesepakatan ini memuluskan pengucuran dana talangan tahap kedua sebesar 130 miliar euro dari troika, julukan bagi Bank Sentral Eropa, Dana Moneter Internasional, dan Uni Eropa.

Dana talangan ini diperlukan untuk menggerakkan kegiatan pemerintah, yang secara teknis sudah bangkrut. Troika selama ini selalu menuntut, jika dana talangan ingin dikucurkan, utang Pemerintah Yunani ke swasta harus dikurangi.

Kesepakatan ini menyelamatkan Yunani dari status default (gagal bayar utang). Masalahnya, sebagian utang Yunani jatuh tempo pada 20 Maret mendatang.

Pertukaran obligasi merupakan upaya radikal yang dilakukan Yunani agar dapat keluar dari belitan utang. Diharapkan, dengan memangkas utang, secara bertahap ekonomi Yunani dapat kembali tumbuh dan bisa membayar kembali utang-utangnya.

Pasar saham global menyambut baik pencapaian ini. Indeks-indeks harga saham di Asia dan Eropa menguat. Indeks Stoxx 50 yang memuat 50 saham top di Eropa menguat 0,1 persen. Akan tetapi, indeks utama di Athena melorot 1,7 persen. Kurs euro juga sedikit melemah, turun 0,4 persen menjadi 1,3215 euro per dollar AS.

Semua lega

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com