Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mubarak Ancam Bunuh Diri

Kompas.com - 09/02/2012, 07:58 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak mengancam akan bunuh diri jika dipindahkan ke rumah sakit penjara Tara. Mubarak kini dirawat di rumah sakit internasional milik militer, sekitar 50 kilometer arah timur kota Kairo.

Demikian diberitakan koran Mesir, Rose el Yousef, edisi Rabu (8/2). Mubarak merasa lebih nyaman ditempatkan di rumah sakit militer, yang dikontrol militer, lembaga yang masih segan terhadapnya. Namun, rakyat jengkel dan menuduh pihak militer selalu membela dan melindungi Mubarak.

Mubarak menyampaikan kepada dua pengawal pribadinya agar memberi tahu tim medis yang merawatnya bahwa ia akan bunuh diri jika Kementerian Dalam Negeri memindahkan Mubarak ke rumah sakit penjara Tara. Bagi Mubarak, pemindahan ini akan mempermalukan dirinya.

Menteri Dalam Negeri Mohamed Ibrahim, dalam pertemuan dengan sejumlah anggota parlemen dan wakil lembaga swadaya masyarakat hari Minggu lalu, mengungkapkan, akan menyebar para tahanan loyalis Mubarak yang kini berada di penjara Tara ke lima penjara.

Di antara loyalis Mubarak yang akan disebar ke lima penjara itu adalah dua putra mantan Presiden Mubarak, Alaa dan Jamal, serta mantan Ketua MPR Safwat Sharif dan mantan Menteri Dalam Negeri Habib al Adly.

Mendagri Mohamed Ibrahim juga mengungkapkan tengah merenovasi rumah sakit penjara Tara. Sumber-sumber di Kementerian Dalam Negeri, seperti dikutip harian Al Ahram, menyebutkan, renovasi penjara Tara adalah untuk persiapan pemindahan Mubarak ke sana.

Hari terkelam

Keluarga Mubarak sedang dirundung nestapa. Suzanne Mubarak, istri Mubarak, juga mengaku pernah berniat bunuh diri. Itu dia tuliskan dalam buku memoarnya. Niat bunuh diri itu muncul karena tuduhan korupsi yang diajukan kepadanya.

”Tanggal 13 Mei 2011 adalah hari terkelam sepanjang kehidupan saya.... Saya menelan obat tidur berlebihan ketika ada perintah bahwa saya segera ditangkap karena tuduhan korupsi. Saya memang ingin bunuh diri saat itu karena tak bisa membayangkan bagaimana rasanya hidup ini,” katanya.

Untungnya, lanjut Suzanne, dia secara ajaib diselamatkan. ”Dan lalu, suami saya berkomunikasi dengan seorang penguasa di Mesir, saya kira seorang politisi, yang berusaha membuat saya tetap dengan suami di rumah sakit pada tanggal penentuan penahanan saya,” kata Suzanne.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com