Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Myanmar Anggap Penting Singapura

Kompas.com - 26/01/2012, 16:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Myanmar makin membuka diri terhadap negara-negara di kawasannya. Makanya, dalam sebuah pernyataan dari Nay Pyi Taw, Presiden Myanmar U Thein Sein memprioritaskan agenda berkunjung ke Singapura. Menurut warta Xinhua pada Kamis (26/1/2012), kunjungan itu bersifat segera meski belum ada informasi komplet soal waktu kunjungan.

Bagi Thein Sein, kunjungan ke Singapura adalah kali pertama sejak dirinya menjabat pada Maret tahun lalu. Kunjungan ke Negeri Singa itu juga merupakan yang pertama bagi pemimpin Myanmar bertandang ke salah satu anggota Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Thein Sein sempat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura K Shanmugam di Nay Pyi Taw pada Desember 2011. Kala itu, Shanmugam, kala itu, memberikan bantuan bagi warga Myanmar korban topan Nargis.

Dalam tahun fiskal 2010-2011, perdagangan Myanmar dan Singapura mencapai angka 2,074 miliar dollar AS. Ekspor Myanmar ke Singapura bernilai 446,4 juta dollar AS. Impor Myanmar mencapai 1,628 miliar dollar AS. Dengan demikian, Myanmar mengalami defisit perdagangan 1,181 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com