ICC: Tidak Ada Kesepakatan Soal Saif

Kompas.com - 24/01/2012, 13:11 WIB
EditorKistyarini

DEN HAAG, KOMPAS.com - Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC), Senin (23/1/2012), membantah pengadilan itu telah setuju Saif al-Islam Khadafy, putra mendiang Moammar Khadafy, dapat diadili di Libya.

Juru bicara bagi ICC, Fadi El-Abdallah Senin, mengatakan bahwa para hakim di pengadilan tersebut belum membuat keputusan mengenai masalah itu. Menurut El-Abdallah, ICC menerima jawaban atas pertanyaan mengenai situasi saat ini mengenai Saif al-Islam Khadafy pada Senin dari pemerintah Libya.

"Tentu saja, pemerintah Libya mengajukan jawaban rahasia atas pertanyaan para hakim ICC. Namun para hakim tidak mengeluarkan keputusan apapun sehubungan dengan kasus terhadap Saif setelah itu," katanya.

Pada Senin (23/1/2012) pagi, Menteri Kehakiman Libya, Ali Humaida Ashour mengatakan kepada wartawan bahwa ICC telah menerima baik Saif al-Islam Khadafy dapat menghadapi keadilan di Libya. "Para hakim akan mempertimbangkan pengajuan Libya dan, jika para hakim memandang layak, membuat keputusan mengenai masalah tersebut," kata El-Abdallah.

ICC mengeluarkan surat penangkapan bagi Saif al-Islam Khadafy pada 27 Juni 2011. Ia didakwa melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan terhadap rakyat Libya. Pada 19 November tahun yang sama, Saif ditangkap di Libya selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.