Pemakaman Rahasia Saat Subuh untuk Khadafy

Kompas.com - 25/10/2011, 16:35 WIB
EditorKistyarini

TRIPOLI, KOMPAS.com — Diambil pada malam hari dari ruang pendingin sebuah pasar di Misrata, jenazah Moammar Khadafy dan putranya, Mutassim, serta mantan Menteri Pertahanan Abu Bakar Younis dimakamkan pada Selasa (25/10/2011) subuh.

Khadafy, Mutassim, dan Younis dimakamkan di sebuah lokasi yang dirahasiakan di gurun, sebuah sumber di Dewan Transisi Nasional kepada Al Jazeera.

Makam ketiganya tidak diberi tanda sama sekali. Seperti diberitakan sebelumnya, pihak NTC tidak ingin makam lelaki yang memimpin Libya selama 42 tahun itu "dikeramatkan" oleh para loyalisnya atau dirusak oleh orang-orang yang membencinya.

Sementara itu, kantor berita AP melaporkan, Khadafy, Mutassim, dan Younis dimakamkan secara Islam pada sekitar pukul 05.00 waktu setempat. Sejumlah kecil kerabat dan pejabat pemerintah menghadiri upacara sederhana itu, AP mengutip juru bicara militer, Ibrahim Bitalmal.

Sebelumnya, Safia, istri Khadafy, meminta agar Khadafy dan Mutassim dimakamkan di Sirte. Namun, NTC memutuskan untuk merahasiakan lokasi makam mereka.

Seorang penjaga keamanan di pasar tempat jasad Khadafy disimpan sejak Kamis (20/10/2011), Salem al-Mohandes, mengatakan, jenazah ketiganya diambil pada Senin malam.

"Tugas kami sudah rampung. Dia (Khadafy) sudah dipindahkan, dan dewan militer di Misrata yang mengambilnya ke lokasi yang dirahasiakan. Saya tidak tahu dia akan dikuburkan atau tidak," kata Mohandes.

Wartawan AP di Misrata melaporkan telah melihat tiga kendaraan meninggalkan gudang pendingin pasar itu pada Senin malam. Saat dia masuk, ternyata ruang itu sudah kosong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.