Khadafy Tewas, Operasi NATO Berhenti

Kompas.com - 21/10/2011, 17:43 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Pasca-kematian mantan pemimpin Libya Moammar Khadafy, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) bisa menghentikan operasi militernya. Adalah Menteri Luar Negeri Perancis Alain Juppe yang mengutarakan hal itu.

"Menurut saya, operasi militer NATO di Libya berhenti. Seluruh wilayah Libya sudah berada dalam kekuasaan Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya," katanya dalam wawancara dengan Radio Europe 1 kala dirinya berkunjung ke India, Jumat (21/10/2011).

Menurut Juppe, pada Kamis malam, operasi NATO sudah tuntas. Seluruh pasukan NATO memang berencana mundur. "Penarikan itu setelah NTC mengumumkan pembebasan seluruh teritori Libya dari rezim Khadafy," katanya.

Kendati begitu, Juppe mengingatkan kalau koalisi antara NATO dan NTC bukan bertujuan untuk membunuh Khadafy. "Koalisi hanya berniat memaksa dia turun dari kekuasaan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.