Festival Air Terhalang Air

Kompas.com - 13/10/2011, 20:31 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Pemerintah Kamboja bergerak cepat. Bersiaga penuh, segala elemen pun bergerak untuk mengantisipasi banjir. Menurut Perdana Menteri Hun Sen, banjir lantaran hujan begitu lebat sejak Agustus benar-benar membawa petaka. "Jumlah korban tewas sudah mencapai 247 orang," kata Hun Sen sebagaimana dikutip Xinhua pada Kamis (13/10/2011).

Dalam kesempatan sidang kabinet bertopik banjir bandang itu, Hun Sen juga mengatakan, bencana kali ini lebih mematikan ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Tercatat ada 1,2 juta orang menderita karena banjir.

Sudah begitu, banjir membinasakan 190.000 hektar tanaman padi atau 7,7 persen dari total tanaman padi di Kamboja. Genangan air juga membuat 390.000 hektar tanaman padi lainnya terkena dampak. Angka itu adalah 16 persen dari total tanaman padi.

Lalu, air bah juga menggenangi 1.970 kilometer jalan. Dari jumlah itu, 660 kilometer jalan rusak parah.

Makanya, lantaran besarnya dampak banjir tahun ini, pemerintah pun bersepakat tidak menggelar festival Air. Festival itu adalah ajang pesta besar bagi seluruh rakyat Kamboja. Seluruh rakyat dari pelbagai pelosok membanjiri Phnom Penh untuk berpesta. Sejatinya, kalau tak ada aral melintang, Fesitval Air berlangsung pada 9-11 November 2011.

Meski  begitu, tahun lalu, Festival Air juga membawa petaka. Soalnya, 450 orang tewas di Jembatan Berlian, lokasi pesta, lantaran berdesakan karena panik tatkala ada kabar angin kalau jembatan itu tak stabil. Alhasil, banyak korban tewas akibat terinjak-injak atau terjun ke Sungai Tonle Sap di bawah jembatan penghubung antara Phnom Penh dan Pulau Berlian.
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.