Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agen Korut Diadili karena Percobaan Pembunuhan

Kompas.com - 06/10/2011, 16:18 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Seorang agen rahasia Korea Uara diadili dengan dakwaan percobaan pembunuhan terhadap seorang aktivis anti-Pyongyang di Seoul. Menurut jaksa Korsel, Kamis (6/10/2011), senjata yang digunakan adalah jarum dengan ujung berlapis racun.

Agen, hanya disebut bernama An, membawa senjata itu saat ditangkap pada 3 September, ungkap Kantor Kejaksaan Pusat Seoul.

"Dia didakwa dengan pasal pelanggaran undang-undang keamanan nasional setelah mencoba membunuh Park Sang-Hak dengan jarum berujung racun," kata juru bicara kejaksaan.

Park dikenal sebagai tokoh yang sangat kritis terhadap rezim Korut. Park mengatakan, rencana pembunuhan terhadapnya digagalkan oleh Badan Intelijen Nasional Korsel.

An adalah mantan anggota pasukan komando Korut. Lelaki berusia sekitar 40 tahun itu masuk Korsel pada tahun 1990-an dan mengaku sebagai pembelot.

Dia mengatur sebuah pertemuan dengan Park di stasiun kereta api bawah tanah di kawasan selatan Seoul bulan lalu. Namun Park, yang mendapat peringatan dari badan intelijen, tidak muncul dan An kemudian ditangkap.

Aktivitas Park yang menyebar pamflet anti-Pyongyang, membuat marah Korut yang kemudian mengancam akan membuka tembakan di perbatasan.

Korut memiliki sejarah melenyapkan oragn-orang yang kritis terhadap pemerintah yang dipimpin Kim Jong-Il itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com