Khadafy Punya Mercedes-Benz "Hebat"

Kompas.com - 20/09/2011, 17:49 WIB
EditorBastian

TRIPOLI, KOMPAS.com — Ternyata, Moammar Khadafy bukan cuma punya Fiat 500 listrik custom yang Agustus lalu dijarah oleh pemberontak Libya, mantan orang nomor satu di Libya itu juga punya Mercedes-Benz ML-Series "hebat" produksi 2008 seharga 3,5 juta euro atau Rp 43,1 miliar. Harga itu setara dengan 33 unit Toyota Crown Royal Saloon, mobil menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang per unit dibanderol sekitar Rp 1,3 miliar.

Mobil ini dibeli Khadafy atas persetujuan Nicolas Sarkozy saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Perancis dan didukung salah seorang staf kepala Claude Gueant pada 2007. Mobil ini memiliki kemampuan khusus karena dibekali teknologi canggih dari perusahaan asal Perancis, Amesys.

Mobil ini dijuluki "hebat" karena seluruh bodi dan kacanya antipeluru serta mampu memantulkan semua gelombang elektromagnet berjarak 91,4 meter di sekelilingnya. Berarti, kendaraan ini antiradar dan bisa mengelak dari bidikan senjata jarak jauh.

Sport utility vehicle (SUV) ini juga kebal dari gangguan medan listrik yang berasal dari sekelilingnya. Untuk memudahkan koordinasi, Khadafy juga meminta interior dilengkapi peralatan sistem komunikasi canggih.

Ironinya, Sarkozy yang menjabat Presiden Perancis saat ini justru menjadi orang yang memerintahkan tentaranya mengebom Libya dan mendukung pemberontak untuk menjatuhkan Rezim Khadafy. Sekarang, Khadafy bisa menggunakan mobil "hadiah" dari Sarkozy untuk kabur dengan aman, tanpa bisa dipantau oleh tentara Perancis. Menarik bukan?!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.