Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Televisi Al Rai, Corong Khadafy

Kompas.com - 10/09/2011, 04:33 WIB

Moammar Khadafy yang berkuasa di Libya selama 42 tahun kini tersingkir, diempas gerakan revolusi rakyatnya.

Namun, Khadafy belum mau menyerah. Berkat jasa stasiun televisi Suriah, Al Rai, ia masih bisa bersuara lantang, menentang NATO dan Dewan Nasional Transisi (NTC) yang menyingkirkannya dari kekuasaan.

Khadafy terakhir bersuara lewat televisi Al Rai Kamis (8/9). Pidato Khadafy hari itu merupakan yang keenam kalinya sejak ia kabur dari kota Tripoli hampir tiga pekan lalu.

Stasiun televisi Al Rai adalah milik pengusaha asal Irak, Mashan al-Gabburi, yang kini berdomisili di Damaskus-Suriah.

Didirikan lima tahun lalu, Al Rai fokus menyiarkan berita politik yang ditayangkan dari kota Damaskus dengan mendapat izin siaran dari otoritas Suriah.

Pemerintah AS telah memasukkan televisi Al Rai dalam daftar hitam sejak empat tahun lalu karena dituduh mendukung gerakan perlawanan di Irak. Namun, televisi Al Rai dan pemiliknya pantang menyerah serta tak jera.

Bahkan, Al Gabburi dalam waktu dekat bertekad meluncurkan televisi satelit baru dengan nama ”Perlawanan” yang akan dipancarkan dari salah satu ibu kota negara Arab. Namun, ia tak menyebutkan, negara Arab yang mana.

Televisi Al Rai dan juga ”adik kandung”-nya televisi Perlawanan dirancang dan dikonsep untuk mendukung gerakan perlawanan terhadap pendudukan Barat di muka bumi ini.

Stasiun televisi Al Rai tidak menayangkan siarannya melalui studio permanen, tetapi dari studio mobil yang selalu berpindah-pindah agar tidak mudah dilacak oleh pihak tertentu

Televisi Al Rai pun kini getol mendukung Khadafy karena dia saat ini menjelma sebagai pemimpin perlawanan terhadap NATO yang ingin menduduki Libya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com