Mercedes-Benz Akan Perkenalkan Roadster Kompak FWD

Kompas.com - 08/09/2011, 12:03 WIB
EditorZulkifli BJ

BERLIN, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan reputasinya – khusus melalui laba perusahaan melawan rival utamanya BMW – Mercedes-Benz akan memperbanyak rentetan modelnya pada 2013 dan 2014. Strategi yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan unit adalah dengan menambahkan varian baru dari platform A dan B-Class, dua mobil kompak Mercedes-Benz.

Menurut Automotive News kemarin - berdasarkan sumber yang diperoleh dari internal MB - khusus untuk mobil kompak yang akan disebut “CLC brake” produksinya akan terus ditingkatkan. Tak kalah menarik, untuk mobil kompak ini, Mercedes-Benz harus beralih ke gerak roda depan (GRD) atau Front Wheel Drive (FWD) untuk mencapai efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Juga segera diproduksi versi sporty, sudah pernah diperkenalkan sebagai mobil konsep di Detroit Auto Show.

Saingan X1 dan Q3
Disebutkan, generasi kedua dari A dan B-Class menggunakan basis baru yang disebut Mercedes-Benz Front Wheel Drive Architecture (MAF). Jumlah produksinya akan ditingkatkan dua kali lipat sekarang ini. Dijelaskan, B-Class terbaru akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini, sedangkan A-Class pada tahun depan.

Juga akan diluncurkan A-Class kupe pada 2013 yang disebut CLC untuk bertarung dengan BMW Seri-1. Kemudian akan disusul SUV kompak yang disebut GLC menyaingi BMW X1 dan Audi Q3. Target Mercedes-Benz dengan mobil kompak (dikategorikan sebagai entry level) adalah bisa dirpoduksi 400.000 unit per tahun.

Kendati demikian, CEO Daimler-Benz, Dieter Zetsche tidak mau mengungkapkan rencana tersebut pada sebuah interview dengan Automotive News Eropa. Zetsche hanya mengatakan, “Kami berusaha meningkatkan penjualan. Karena itulah kami menambah investasi di Kecskemet (Hongaria) dan di pabrik mobil kompak di Rastatt (Jerman). Pabrik di Kecskemet memproduksi 100.000 unit per tahun. Sebelumnya kami hanya menjual 270.000 A dan B-Class.”

SLA Roadster
Sebelumnya beberapa media online otomotif berspekulasi memperkirakan Merrcedes-Benz akan memasarkan
SLA Roadster berbasis A atau B-Class pada 2013 dengan kemungkinan, gerak seluruh roda (AWD) atau gerak roda depan.  

Dijelaskan pula, model baru ini merupakan jawaban Mercedes-Benz terhadap Audi TT dan BMW Seri-1. SLA diperkirakan akan menggunakan mesin 1,6 liter, 4-silinder, turbocharger atau di Eropa mesn diesel 1.8 liter. Harganya  roadster kompak dua pintu ini diperkirakan 65.000 dollar AS atau dengan kurs sekarang Rp552.500.000!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.