Masyarakat Keliru Malam Takbiran

Kompas.com - 29/08/2011, 21:15 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah warga di Jakarta telanjur merayakan malam takbiran pada Senin (29/8/2011), sedangkan pemerintah akhirnya menetapkan Lebaran jatuh pada Rabu (31/8/2011). Artinya malam takbiran semestinya Selasa (30/8/2011).

Hal itu seperti dialami warga di RW 1 dan RW 2 Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta. Fenny (40), salah seorang panitia, mengatakan, ia sudah menghabiskan Rp 1 juta untuk membuat panggung di malam takbiran. Karena salah menduga malam takbiran, biaya panggung malam takbiran itu kemungkinan bertambah.

"Setidaknya kami mesti beli petasan lagi, sebab petasan yang semestinya untuk malam Lebaran sudah telanjur dihabiskan," kata Fenny. Petasan tetap dibakar pada Senin malam, sebelum warga mendengar pengumuman dari pemerintah. "Kasihan anak-anak juga kalau dihentikan. Mereka sudah telanjur senang-senang," ungkap Nur (43).

Keriuhan malam takbiran juga tampak di Jatibunder, kawasan Pasar Tanah Abang. Puluhan anak asyik meluncurkan petasan, sedangkan sampah bertumpuk di mana-mana.

Beberapa angkutan kota juga masih ada yang diarak keliling kota dengan mengangkut beduk dan warga. Padahal, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sudah mengingatkan warga agar tidak melakukan takbir keliling. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.