Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Keliru Malam Takbiran

Kompas.com - 29/08/2011, 21:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah warga di Jakarta telanjur merayakan malam takbiran pada Senin (29/8/2011), sedangkan pemerintah akhirnya menetapkan Lebaran jatuh pada Rabu (31/8/2011). Artinya malam takbiran semestinya Selasa (30/8/2011).

Hal itu seperti dialami warga di RW 1 dan RW 2 Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta. Fenny (40), salah seorang panitia, mengatakan, ia sudah menghabiskan Rp 1 juta untuk membuat panggung di malam takbiran. Karena salah menduga malam takbiran, biaya panggung malam takbiran itu kemungkinan bertambah.

"Setidaknya kami mesti beli petasan lagi, sebab petasan yang semestinya untuk malam Lebaran sudah telanjur dihabiskan," kata Fenny. Petasan tetap dibakar pada Senin malam, sebelum warga mendengar pengumuman dari pemerintah. "Kasihan anak-anak juga kalau dihentikan. Mereka sudah telanjur senang-senang," ungkap Nur (43).

Keriuhan malam takbiran juga tampak di Jatibunder, kawasan Pasar Tanah Abang. Puluhan anak asyik meluncurkan petasan, sedangkan sampah bertumpuk di mana-mana.

Beberapa angkutan kota juga masih ada yang diarak keliling kota dengan mengangkut beduk dan warga. Padahal, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sudah mengingatkan warga agar tidak melakukan takbir keliling. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com