Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tanpa Awak AS Jatuh di Pakistan

Kompas.com - 26/08/2011, 05:07 WIB

QUETTA, KOMPAS.com — Sebuah pesawat tak berawak AS jatuh di Pakistan barat daya dekat perbatasan Afganistan. Sejumlah pejabat Pakistan mengatakan hal itu, Kamis (25/8/2011).

"Itu sebuah pesawat pengintai tak berawak Amerika (UAV). Pesawat itu jatuh di sisi perbatasan ini," kata seorang pejabat keamanan di daerah itu kepada AFP.

Ia menyatakan, pesawat itu diduga jatuh akibat gangguan teknis, sekitar dua kilometer di dalam wilayah Pakistan di kota Chaman, provinsi Baluchistan yang dilanda pergolakan.

Pejabat yang tidak bersedia disebutkan namanya itu menambahkan, puing-puing pesawat tersebut telah ditemukan.

Seorang pejabat di Korps Perbatasan Paramiliter Pakistan di Quetta, kota utama di provinsi tersebut, mengonfirmasi insiden itu.

"Sejumlah suku cadang dan sebuah kamera juga ditemukan bersama pesawat tersebut," kata pejabat itu. "Pesawat itu jatuh di dekat sebuah benteng Korps Perbatasan di Chaman, tetapi tidak menimbulkan korban."

Jatuhnya pesawat AS merupakan insiden langka di Pakistan. Salah satu pesawat pengintai negara tersebut pernah jatuh di kota Karachi pada Juli setelah menabrak seekor burung ketika sedang dalam penerbangan rutin.

Pada September 2008, orang suku di kawasan Waziristan Selatan mengklaim menembak jatuh sebuah pesawat pengintai AS di desa Jalal dekat perbatasan Afganistan. Militer Pakistan menyatakan menyelidiki peristiwa itu, tetapi tidak mengumumkan hasilnya.

Pesawat-pesawat tak berawak AS melancarkan lebih dari 20 serangan di kawasan suku Pakistan sejak pasukan komando AS membunuh pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, dalam operasi rahasia di kota Abbottabad, Pakistan, pada 2 Mei.

Penyerbuan AS terhadap tempat Osama itu telah membuat malu dan marah militer Pakistan dan menambah ketegangan di antara kedua negara tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com