Gempa Kuat Kembali Guncang Jepang

Kompas.com - 19/08/2011, 13:58 WIB
EditorEgidius Patnistik

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah gempa kuat bermagnitudo 6,8 mengguncang lepas pantai Jepang timur laut, Jumat (19/8/2011). Gempa itu memicu peringatan tsunami, kata Badan Meteorologi Jepang.

Gempa tersebut, yang menggoyangkan bangunan di Tokyo, terjadi di lepas pantai Pasifik pada kedalaman 20 kilometer pada pukul 12.36  WIB, demikian menurut laporan awal lembaga itu. Tidak ada keterangan segera tersedia tentang kerusakan akibat gempa yang terjadi di sekitar 80 kilometer di tenggara prefektur Miyagi, tidak jauh dari episentrum gempa berkekuatan 9.0 yang terjadi pada 11 Maret lalu.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada ancaman tsunami destruktif berskala luas di Samudera Pasifik. Namun badan meteorologi memperingatkan, gelombang hingga 50 cm dapat menghantam daerah sepanjang pantai yang dulu tertimpa bencana, termasuk daerah yang menjadi lokasi PLTN Fukushima Daiichi yang rusak. Operator PLTN itu, Tokyo Electric Power Company (TEPCO), mengatakan tidak ada laporan kerusakan baru atau keanehan setelah gempa terbaru itu di pembangkit listrik tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.