Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Kuat Kembali Guncang Jepang

Kompas.com - 19/08/2011, 13:58 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah gempa kuat bermagnitudo 6,8 mengguncang lepas pantai Jepang timur laut, Jumat (19/8/2011). Gempa itu memicu peringatan tsunami, kata Badan Meteorologi Jepang.

Gempa tersebut, yang menggoyangkan bangunan di Tokyo, terjadi di lepas pantai Pasifik pada kedalaman 20 kilometer pada pukul 12.36  WIB, demikian menurut laporan awal lembaga itu. Tidak ada keterangan segera tersedia tentang kerusakan akibat gempa yang terjadi di sekitar 80 kilometer di tenggara prefektur Miyagi, tidak jauh dari episentrum gempa berkekuatan 9.0 yang terjadi pada 11 Maret lalu.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada ancaman tsunami destruktif berskala luas di Samudera Pasifik. Namun badan meteorologi memperingatkan, gelombang hingga 50 cm dapat menghantam daerah sepanjang pantai yang dulu tertimpa bencana, termasuk daerah yang menjadi lokasi PLTN Fukushima Daiichi yang rusak. Operator PLTN itu, Tokyo Electric Power Company (TEPCO), mengatakan tidak ada laporan kerusakan baru atau keanehan setelah gempa terbaru itu di pembangkit listrik tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com