Bentrok Abu Sayyaf dan Militer, 37 Tewas

Kompas.com - 29/07/2011, 20:35 WIB
EditorBenny N Joewono

ZAMBOANGA CITY, KOMPAS.com - Jumlah korban tewas akibat tembak-menembak pada Kamis (28/7/2011) antara pasukan pemerintah dan kelompok Abu Sayyaf terkait Al Qaida di pulau Filipina selatan provinsi Sulu meningkat menjadi 37 orang, demikian dikatakan juru bicara pihak militer Jumat (29/7/2011).

Militer mengkonfirmasi sekitar 30 gerilyawan Abu Sayyaf di antara mereka yang tewas dalam bentrokan empat jam, ketika pasukan pemerintah menyerbu benteng kelompok yang dipimpin oleh lima komandan itu.

Laksamana Armando Guzman, komandan angkatan laut untuk Mindanao Barat, mengatakan pasukan tambahan, termasuk Satuan Reaksi Ringan yang dilatih AS dan marinir, bergabung dalam mengejar sisa-sisa lebih dari 70 orang bersenjata militer yang dipergoki Kamis di kota Patikul, Sulu. "Operasi pengejaran telah mengenyahkan para teroris," kata Guzman kepada wartawan.

Setidaknya tujuh tentara, termasuk seorang perwira yunior angkatan laut, tewas sementara 26 lainnya terluka dalam pertempuran itu. Semua tentara yang tewas dan prajurit yang terluka diterbangkan ke kota pelabuhan terdekat, Zamboanga.

Guzman mengatakan serangan juga berhasil melakukan penyergapan terhadap satu kamp rahasia Abu Sayyaf yang terletak di antara dua pegunungan dan dibentengi oleh hutan lebat.

"Penangkapan kamp Abu Sayyaf telah memberikan efek demoralisasi kepada kelompok itu sehingga kemampuan daya serang mereka merosot," kata Guzman.

Abu Sayyaf, yang aktif di Filipina selatan, didirikan pada tahun 1990 dan telah melakukan sejumlah serangan tingkat tinggi, termasuk penculikan, pemboman dan pemenggalan. Militer Filipina memperkirakan Abu Sayyaf saat ini memiliki kurang dari 400 anggota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.