Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

US Siap Terima Oposisi Libya

Kompas.com - 14/05/2011, 14:46 WIB

KOMPAS.com - Uwak Sam (US) siap menerima kelompok oposisi Libya di Gedung Putih. Tapi, realisasi sikap tersebut bukan berarti pengakuan sah terhadap kelompok oposisi menjadi perwakilan Libya.

Kelompok oposisi, sebagaimana warta AP dan AFP Sabtu (14/5/2011), yang dipimpin Mahmoud Jibril bertemu dengan para pejabat di Gedung Putih, kemarin. Hadir juga dalam pertemuan itu Penasihat Keamanan Nasional AS Tom Donilon.

Dalam perkembangan lain, pemimpin Libya Kolonel Muammar Gaddafi, dalam pesan resminya yang disiarkan televisi pemerintah, mengejek pasukan NATO yang gagal mendeteksi keberadaannya, saat serangan udara pasukan itu membombardir sejumlah lokasi di Tripoli. Laporan media pemerintah Libya menyebutkan 11 orang ulama Muslim tewas akibat serangan udara NATO.

Dalam pernyataan yang dirilis Gedung Putih, Donilon berkata kepada Jibril bahwa AS memandang perwakilan oposisi Libya itu kredibel di mata rakyat Libya.

Namun begitu, AS dan Inggris sejauh ini tidak mengakui mereka sebagai perwakilan pemerintah Libya yang sah - berbeda dengan Perancis, Italia, dan Qatar.

Sebelumnya, Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan pemberian pengakuan itu masih prematur. AS mengatakan, pengakuan itu harus datang dari rakyat Libya sendiri, dan bukan kekuatan asing.

Kelompok oposisi itu sebelumnya mengharap agar dapat mengakses aset milik rezim Libya yang telah disita. Carney mengatakan Amerika siap bekerja sama dengan Kongres untuk membuka aset sekitar 30 miliar dollar AS, agar dapat digunakan untuk membantu kelompok oposisi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com