US Siap Terima Oposisi Libya

Kompas.com - 14/05/2011, 14:46 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Uwak Sam (US) siap menerima kelompok oposisi Libya di Gedung Putih. Tapi, realisasi sikap tersebut bukan berarti pengakuan sah terhadap kelompok oposisi menjadi perwakilan Libya.

Kelompok oposisi, sebagaimana warta AP dan AFP Sabtu (14/5/2011), yang dipimpin Mahmoud Jibril bertemu dengan para pejabat di Gedung Putih, kemarin. Hadir juga dalam pertemuan itu Penasihat Keamanan Nasional AS Tom Donilon.

Dalam perkembangan lain, pemimpin Libya Kolonel Muammar Gaddafi, dalam pesan resminya yang disiarkan televisi pemerintah, mengejek pasukan NATO yang gagal mendeteksi keberadaannya, saat serangan udara pasukan itu membombardir sejumlah lokasi di Tripoli. Laporan media pemerintah Libya menyebutkan 11 orang ulama Muslim tewas akibat serangan udara NATO.

Dalam pernyataan yang dirilis Gedung Putih, Donilon berkata kepada Jibril bahwa AS memandang perwakilan oposisi Libya itu kredibel di mata rakyat Libya.

Namun begitu, AS dan Inggris sejauh ini tidak mengakui mereka sebagai perwakilan pemerintah Libya yang sah - berbeda dengan Perancis, Italia, dan Qatar.

Sebelumnya, Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan pemberian pengakuan itu masih prematur. AS mengatakan, pengakuan itu harus datang dari rakyat Libya sendiri, dan bukan kekuatan asing.

Kelompok oposisi itu sebelumnya mengharap agar dapat mengakses aset milik rezim Libya yang telah disita. Carney mengatakan Amerika siap bekerja sama dengan Kongres untuk membuka aset sekitar 30 miliar dollar AS, agar dapat digunakan untuk membantu kelompok oposisi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.