Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siprus Sambut Perdamaian Fatah-Hamas

Kompas.com - 06/05/2011, 18:06 WIB

NIKOSIA, KOMPAS.com — Pemerintah Siprus menyambut baik kesepakatan rekonsiliasi bersejarah yang dicapai di Kairo di antara dua faksi terkemuka Palestina dan memuji Mesir untuk peran penengahan perjanjian itu.

"Siprus mengikuti dengan minat yang besar kesepakatan yang dicapai antara para pemimpin Fatah dan Hamas di Kairo, kemarin, yang membuka jalan bagi pembentukan sebuah pemerintah sementara Palestina," kata Menteri Luar Negeri Siprus Markos Kyprianou dalam pernyataan tertulis, Kamis (5/5/2011).

"Persatuan Palestina merupakan dasar dari upaya mengamankan perdamaian berkelanjutan dan abadi dengan Israel," tambahnya.

Dia menegaskan dukungan politik Siprus kepada rakyat Palestina dan menyatakan harapannya, perjanjian baru antara Fatah sekuler dan kelompok Islam Hamas menandai sebuah halaman baru dalam upaya perdamaian yang komprehensif di Timur Tengah.

Menteri mengatakan, ia juga berbicara dengan timpalannya, Menlu Mesir Nabil al-Araby, dan mengucapkan selamat atas keberhasilan Pemerintah Mesir yang memainkan peran penting atas mediasi perjanjian rekonsiliasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com