Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abijan Diperebutkan

Kompas.com - 02/04/2011, 06:10 WIB

Abijan, Kamis - Pasukan Pantai Gading yang setia kepada Alassane Ouattara terlibat pertempuran sengit hari Jumat (1/4) di Abijan. Mereka berhadapan dengan pasukan yang setia kepada Laurent Gbagbo. Ini terjadi setelah kubu Ouattara menyerang kediaman Gbagbo di Abijan.

Pasukan Ouattara juga mengambil kontrol stasiun televisi pemerintah. Pasukan Ouattara, presiden yang diakui dunia internasional, memasuki Abijan hari Kamis. Mereka menuntut Gbagbo menyerahkan jabatan presiden dan memperingatkan akan ada pertumpahan darah jika Gbagbo bertahan.

Pasukan pro-Gbagbo tak mau mengalah dan mempertahankan stasiun televisi pemerintah, RTI. Warga di sekitar mengonfirmasikan telah terjadi pertempuran sengit.

Pasukan Ouattara memasuki Abijan setelah melakukan serangan kilat di wilayah selatan untuk mengusir Gbagbo, yang tak mau menyerahkan kekuasaan sejak pemilu 28 November walau dia kalah dalam pemilu. Pertempuran berlangsung selama beberapa jam hari Kamis.

”Aksi baku tembak begitu sengit sampai bumi seperti bergetar karena rentetan ledakan,” kata seorang warga.

Suara tembakan senapan mesin dan artileri berat mengguncang Distrik Plateau. ”Pertempuran masih berlangsung di sekitar kediaman Gbagbo,” kata juru bicara Ouattara, Patrick Achi.

Seorang warga Swedia karyawan PBB tertembak dan tewas, kemungkinan karena peluru nyasar. Hal itu dikatakan Kementerian Luar Negeri Swedia hari Jumat di Stockholm.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengimbau kedua pihak untuk tidak melakukan aksi ”balas dendam” dengan saling serang.

Meninggal dan eksodus

Beberapa ratus orang telah tewas setelah pemilu presiden bulan November 2010. PBB memperkirakan satu juta warga meninggalkan Abijan karena khawatir akan bahaya pertumpahan darah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com