Polisi London Bakal "Sapu Bersih"

Kompas.com - 28/03/2011, 17:37 WIB
EditorJosephus Primus

LONDON, KOMPAS.com - Kelompok militan anarkis yang bentrok dengan polisi Inggris dalam demonstrasi pada Sabtu (26/3/2011) terkait pemotongan anggaran sektor publik akan menjadi target disengaja pada pernikahan kerajaan bulan depan, kata polisi.

Kepala Ketertiban Umum Kepolisian Metropolitan London Komandan Bob Broadhurst mengatakan kelompok-kelompok yang merusak toko-toko dan simbol kota pada demonstrasi Sabtu berniat mengganggu pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 29 April. "Kejadian kemarin memperkuat fakta bahwa ada keinginan di luar sana untuk mendorong aksi kekerasan," kata polisi kepada surat kabar Telegraph edisi Senin.     "Kekhawatiran saya ialah mereka melakukan apa yang mereka lakukan sebelumnya ...di pusat kota London dan mengalihkan sumber daya dari rencana pengamanan saya sebelumnya dan membuat perhatian kami tidak tertuju pada pengamanan dengan bijak," tambahnya.     Perwira polisi senior itu memperingatkan target disengaja itu pada acara kerajaan dengan pihak keamanan akan mendapatkan kekuasaan yang berbeda pada hari pernikahan, termasuk kesanggupan untuk menutup jalanan dan kekuasaan melakukan tindakan penghentian dan pencarian. Lebih dari 200 orang ditangkap pada bentrokan Sabtu dengan 31 petugas polisi terluka.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.