17 Imigran Gelap Ditangkap di Pacitan

Kompas.com - 22/03/2011, 19:05 WIB
EditorI Made Asdhiana

PACITAN, KOMPAS.com - Sedikitnya 17 imigran gelap asal Iran ditangkap anggota Polres Pacitan bersama Satuan Polisi Air Kepolisian Daerah Jawa Timur, Selasa (22/3/2011). Rombongan imigran ini diamankan saat hendak menyeberang ke Pulau Chrismast di Australia menggunakan perahu nelayan.

Imigran yang berhasil ditangkap kemudian diamankan di markas Polres Pacitan sebelum dibawa ke rumah tahanan detensi imigrasi Surabaya di Bangil, Pasuruan bagi yang belum berkeluarga dan kantor imigrasi Bandara Juanda, Sidoarjo bagi yang sudah berkeluarga. Rombongan imigran diangkut menggunakan bus dengan pengawalan ketat aparat kepolisian sekitar pukul 14.00.

Kepala Satuan Polisi Air Pacitan, Aipda Yahudi mengatakan sebanyak 17 imigran yang ditangkap itu meliputi 14 laki-laki, dua orang perempuan serta satu orang anak. Selain itu polisi juga mengamankan satu orang sopir bernama Triono, warga Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan. Dari 17 orang imigran yang ditangkap, hanya satu orang yang memiliki visa wisata dan mengaku sebagai wisatawan. Sementara itu sebanyak 16 orang lainnya tidak mengantongi visa.

Imigran yang mengantongi visa wisata itu sempat berkelit saat hendak ditangkap dan mengaku sedang berkunjung ke Pacitan. Namun saat keterangan itu dikonfrontasikan dengan imigran lainnya, mereka mengaku kenal dengan pemegang visa yang tidak lain merupakan rekan satu rombongan pelarian.

Rombongan imigran asal Iran ini ditangkap di Pantai Watukarung, Kecamatan Pringkuku, sekitar pukul 03.00. Penangkapan dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat yang curiga melihat rombongan warga negara asing berkumpul di pantai.

Polisi sempat menyanggong rombongan imigran tersebut ketika mereka sedang menunggu kapal nelayan menepi. Namun, saat didekati sejumlah imigran kabur menggunakan mobil carteran yang dikemudikan oleh warga Pacitan. Polisi kemudian langsung menangkap imigran yang tersisa sebelum sempat menyusul teman-temannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.