Dubes Libya untuk Australia Membelot

Kompas.com - 22/02/2011, 14:40 WIB
EditorEgidius Patnistik

SYDNEY, KOMPAS.com — Kedutaan Libya di Australia, Selasa (22/2/2011), dilaporkan telah memutus hubungan dengan Moammar Khadafy. Kantor kedutaan itu bergabung dengan rangkaian pembelotan warga Libya di seluruh dunia setelah rezim Khadafy melancarkan aksi brutal terhadap para demonstran.

Duta Besar Libya di Canberra Musbah Allafi bertemu dengan para pejabat pemerintah Australia, Selasa pagi, kata surat kabar The Australian. Para pejabat kedutaan itu tidak bisa dihubungi, tetapi konselor misi budaya Omran Zwed mengatakan kepada harian itu, "Kami mewakili orang-orang Libya dan bukan lagi (mewakili) rezim Libya."

Duta Besar Libya untuk India, Selasa, kepada AFP mengatakan bahwa ia telah mundur dari jabatan itu terkait dengan kekerasan yang masih dan tidak bisa diterima terhadap warga sipil di Libya, sementara staf kedutaan Libya di Malaysia mengecam "pembantaian" terhadap demonstran anti-pemerintah. Senin, para diplomat Libya di PBB juga mengutuk Khadafy sebagai seorang "tiran" dan menuduhnya melakukan "genosida" saat mereka mendesak dia untuk mundur atau dipaksa keluar dari kekuasaan.

Perwakilan tetap Libya untuk Liga Arab, Abdel Moneim al-Honi, Minggu, juga mundur dari posisinya demi "bergabung dengan revolusi" yang berlangsung di negaranya.

Perkembangan dari Australia itu terjadi saat Negara Kanguru itu dan Selandia Baru menaikkan level peringatan perjalanannya setelah demonstran prodemokrasi menyerbu beberapa kota di Libya. Australia menaikkan peringatan menjadi "tidak melakukan perjalanan", level tertinggi, dan sedang menyelidiki pilihan untuk evakuasi sekitar 80 warga Australia setelah laporan tentang penembakan oleh pesawat tempur terhadap para demonstran. "Kami sangat mengutuk kekerasan yang orang-orang telah lihat di layar televisi mereka," kata Perdana Menteri Australia Julia Gillard kepada wartawan. Ia mengatakan, tidak ada alasan bagi tindakan brutal semacam itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.