Sekjen PBB Ingatkan Pemerintah Mesir

Kompas.com - 28/01/2011, 22:04 WIB
EditorTri Wahono

DAVOS, KOMPAS.com Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Jumat (28/1/2011), mengingatkan Pemerintah Mesir bahwa kebebasan berekspresi harus sepenuhnya dihormati ketika negara tersebut sedang menghadapi gelombang unjuk rasa.

"Kebebasan berekspresi dan hal yang berkaitan harus sepenuhnya dihormati," kata Ban Ki-moon di sela pertemuan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss. Hal tersebut menanggapi keputusan Pemerintah Mesir yang memblokir jaringan internet saat menghadapi serangkaian unjuk rasa.

Ban juga menyerukan secara lebih terbuka kepada sejumlah pemerintah di kawasan yang menghadapi gelombang protes, seperti Tunisia, Mesir, dan Yaman, agar mendengarkan suara warganya dan menampik kekhawatiran mereka.

"Saya telah mengamati secara dekat situasi yang terjadi di kawasan itu, mulai dari Tunisia, kemudian Mesir, sekarang Yaman dan lainnya," katanya kepada wartawan di sela-sela pertemuan puncak perdagangan itu. "Apa yang telah saya ucapkan berkali-kali ialah semua orang yang peduli atau para pemimpin harus memastikan bahwa situasi di kawasan itu, terutama di Mesir, sekarang tidak menjadi dan tidak akan semakin bertambah kacau," katanya.

Mesir memutus jaringan telepon seluler dan layanan internet pada hari Jumat. Beberapa truk polisi antihuru-hara juga dikirim ke Kairo untuk meredam ribuan aktivis yang tergabung dalam protes antirezim berkuasa setelah shalat Jumat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.