Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB Ingatkan Pemerintah Mesir

Kompas.com - 28/01/2011, 22:04 WIB

DAVOS, KOMPAS.com Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Jumat (28/1/2011), mengingatkan Pemerintah Mesir bahwa kebebasan berekspresi harus sepenuhnya dihormati ketika negara tersebut sedang menghadapi gelombang unjuk rasa.

"Kebebasan berekspresi dan hal yang berkaitan harus sepenuhnya dihormati," kata Ban Ki-moon di sela pertemuan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss. Hal tersebut menanggapi keputusan Pemerintah Mesir yang memblokir jaringan internet saat menghadapi serangkaian unjuk rasa.

Ban juga menyerukan secara lebih terbuka kepada sejumlah pemerintah di kawasan yang menghadapi gelombang protes, seperti Tunisia, Mesir, dan Yaman, agar mendengarkan suara warganya dan menampik kekhawatiran mereka.

"Saya telah mengamati secara dekat situasi yang terjadi di kawasan itu, mulai dari Tunisia, kemudian Mesir, sekarang Yaman dan lainnya," katanya kepada wartawan di sela-sela pertemuan puncak perdagangan itu. "Apa yang telah saya ucapkan berkali-kali ialah semua orang yang peduli atau para pemimpin harus memastikan bahwa situasi di kawasan itu, terutama di Mesir, sekarang tidak menjadi dan tidak akan semakin bertambah kacau," katanya.

Mesir memutus jaringan telepon seluler dan layanan internet pada hari Jumat. Beberapa truk polisi antihuru-hara juga dikirim ke Kairo untuk meredam ribuan aktivis yang tergabung dalam protes antirezim berkuasa setelah shalat Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com