Kejaksaan Buka Lowongan "Joki Napi"

Kompas.com - 11/01/2011, 10:31 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BOJONEGORO, KOMPAS.com — Sekitar 40 orang yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Bojonegoro, Selasa (11/1/2011), berunjuk rasa ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Bojonegoro, Kantor Kejaksaan Negeri Bojonegoro. Mereka mengkritik praktik perjokian narapidana di Bojonegoro.

Pengunjuk rasa memulai aksi dari Bunderan Tugu Adipura Sumbang lalu berjalan kaki ke depan LP Bojonegoro di Jalan Diponegoro. Selanjutnya mereka melanjutkan aksi ke Kantor Kejari Bojonegoro di Jalan Kartini.

Salah seorang pengunjuk rasa, Muhaimin, menyatakan bahwa saat ini kejaksaan terbukti terlibat dalam praktik perjokian napi. "Saudara-saudara yang ingin jadi joki napi di sini tempatnya. Kejaksaan membuka lowongan joki napi," katanya menyindir.

Sementara ia juga menilai praktik joki napi menunjukkan adanya deskriminasi. Fauzi menyatakan, seorang pencuri pisang dihukum tiga bulan. Kasiyem yang pengusaha pupuk bisa membeli hukum agar hukumannya diganti orang lain.

Karni karena impitan ekonomi mau jadi joki. SementaraGayus dengan seenaknya bisa melecehkan aparat penegak hukum. "Semua itu menunjukkan bobroknya penegakan hukum. Ketidakadilan perlakuan hukum masih terjadi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.