Ke Pangandaran, Cobain Seafoodnya...

Kompas.com - 03/01/2011, 15:04 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com — Berwisata ke Pantai Pangandaran bersama sahabat memang mengasyikkan. Minggu kemarin kami memang sengaja pergi ke pantai Pangandaran, Jawa Barat. Sudah lama sekali tidak berkunjung ke pantai ini, mungkin terakhir ke sini sewaktu saya masih kecil, jadi lupa pantainya seperti apa. Sayang cuaca sedang kurang baik, enggak cerah.

Sebenarnya tujuan utama kami datang ke daerah Pangandaran adalah pergi ke Green Canyon atau dalam bahasa daerah sekitar lebih dikenal dengan Cukang Taneuh. Cukang Taneuh berarti jembatan tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras. Green Canyon cukup terkenal karena sudah beberapa kali muncul di televisi dan media-media lain. Green Canyon merupakan salah satu lokasi tujuan wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Datang ke Green Canyon sebaiknya pada saat kemarau. Saat kemarau sungai  akan berwarna hijau, dan untuk menuju ke Green Canyon kita harus menyewa perahu kecil dengan jarak tempur sekitar 15 menit dengan harga sewa perahu pulang-pergi Rp 75.000. Cuaca yang masih sering hujan dan malam hari turun hujan cukup lebat membuat kami pun agak kecewa. Air keruh berwana cokelat dan pemandangan jadi kurang indah.

Jalan-jalan ke daerah pantai tidak lengkap tanpa menikmati seafood-nya, benerkan?  Kali ini kami mampir di rumah makan Sari Melati yang lokasinya dekat sekali dengan pantai. Kami memilih Sari Melati karena menurut sahabat saya, ini yang paling enak di daerah ini.

Masakannya enak, pelayanannya juga cepat. Model penyajiannya, kita memilih dulu ikan, udang, cumi segarnya, kemudian ditimbang. Nah setelah itu kita tinggal pilih mau dimasak apa. Ada saus padang, saos tiram atau goreng mentega. Sayang sekali menu favorit kami lagi kosong, yaitu kepiting. Apakah Anda sudah pernah mampir ke rumah makan yang satu ini? (Yudi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.