Sejumlah Apotek Kehabisan Stok Masker

Kompas.com - 30/10/2010, 09:11 WIB
EditorAsep Candra

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah apotek di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, umumnya kehabisan stok masker karena warga membeli dalam jumlah banyak untuk keluarganya, menyusul terjadinya hujan abu vulkanik dan pasir di wilayah ini, Sabtu (30/10/2010).

Dari pantauan di wilayah Sleman pada pukul 07.30, di beberapa apotek yang buka 24 jam sudah tertempel kertas bertuliskan "masker habis".  Menurut salah seorang karyawan di sebuah apotek kawasan perumahan Jalan Gebang, Condongcatur, Sleman, yang tak mau disebut namanya, warga sejak pagi bahkan selepas subuh sudah banyak yang membeli masker sehingga persediaan di apotek habis.

Sementara itu, di apotek Rumah Sakit Condongcatur terjadi antrean warga yang membeli masker. Harganya relatif murah, hanya Rp 650 per masker. Masker sederhana ini warnanya hijau yang biasa dipakai perawat, tenaga medis, ataupun dokter di rumah sakit.

Adapun di toko ataupun apotek di luar rumah sakit, masker yang dijual biasanya jenisnya beragam, bahkan ada yang bergambar terutama masker untuk anak-anak. Harganya bervariasi antara Rp 1.500 hingga Rp 5.000 per masker, tergantung jenisnya ataupun bahan serta variasi yang digunakan untuk membuat masker itu.

Abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi yang terjadi pada pukul 00.16-00.37 WIB, Sabtu, terlihat menutupi langit Kota Yogyakarta.  Di wilayah Yogyakarta abu vulkanik setebal sekitar dua sentimeter itu mulai terlihat di Jalan Urip Sumoharjo.

Ketebalan debu vulkanik membuat pengguna jalan, khususnya masyarakat yang menggunakan sepeda motor atau kendaraan terbuka lainnya harus menggunakan masker untuk menghindari terhirupnya abu vulkanik ke pernapasan.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.