Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Apotek Kehabisan Stok Masker

Kompas.com - 30/10/2010, 09:11 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah apotek di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, umumnya kehabisan stok masker karena warga membeli dalam jumlah banyak untuk keluarganya, menyusul terjadinya hujan abu vulkanik dan pasir di wilayah ini, Sabtu (30/10/2010).

Dari pantauan di wilayah Sleman pada pukul 07.30, di beberapa apotek yang buka 24 jam sudah tertempel kertas bertuliskan "masker habis".  Menurut salah seorang karyawan di sebuah apotek kawasan perumahan Jalan Gebang, Condongcatur, Sleman, yang tak mau disebut namanya, warga sejak pagi bahkan selepas subuh sudah banyak yang membeli masker sehingga persediaan di apotek habis.

Sementara itu, di apotek Rumah Sakit Condongcatur terjadi antrean warga yang membeli masker. Harganya relatif murah, hanya Rp 650 per masker. Masker sederhana ini warnanya hijau yang biasa dipakai perawat, tenaga medis, ataupun dokter di rumah sakit.

Adapun di toko ataupun apotek di luar rumah sakit, masker yang dijual biasanya jenisnya beragam, bahkan ada yang bergambar terutama masker untuk anak-anak. Harganya bervariasi antara Rp 1.500 hingga Rp 5.000 per masker, tergantung jenisnya ataupun bahan serta variasi yang digunakan untuk membuat masker itu.

Abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi yang terjadi pada pukul 00.16-00.37 WIB, Sabtu, terlihat menutupi langit Kota Yogyakarta.  Di wilayah Yogyakarta abu vulkanik setebal sekitar dua sentimeter itu mulai terlihat di Jalan Urip Sumoharjo.

Ketebalan debu vulkanik membuat pengguna jalan, khususnya masyarakat yang menggunakan sepeda motor atau kendaraan terbuka lainnya harus menggunakan masker untuk menghindari terhirupnya abu vulkanik ke pernapasan.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com