Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chavez dan Ahmadinejad Ingin Mengurangi Dominasi Barat

Kompas.com - 23/10/2010, 03:47 WIB

Teheran, Rabu - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan Presiden Venezuela Hugo Chavez, Rabu (20/10) di Teheran, sepakat membangun hubungan strategis yang kuat. Mereka juga ingin bersatu untuk berjuang demi mewujudkan tatanan dunia baru dengan mereduksi dominasi Barat terhadap isu-isu global.

Ahmadinejad dan Chavez mengecam perilaku imperialisme Amerika Serikat serta mengatakan AS tidak akan dapat menghalangi hubungan dan kerja sama Iran-Venezuela.

Presiden Chavez mengunjungi Iran lagi dan kali ini merupakan kunjungan kesembilan kalinya selama menjadi Presiden Venezuela. Selain mengunjungi Iran, Chavez juga mengunjungi Rusia, Belarus, Ukraina, Suriah, Libya, dan Portugal.

Alami kemunduran

Iran adalah sekutu terdekat Venezuela di Timur Tengah. Mereka berjuang bahu-membahu membangun aliansi internasional untuk melawan dominasi AS di bidang politik dan ekonomi global.

”Iran dan Venezuela bersatu dan berusaha menciptakan tatanan dunia baru yang berbasis pada kemanusiaan dan keadilan,” kata Ahmadinejad. Ia juga menyatakan, mereka, yang hari ini memegang dominasi dunia, sedang menuju kehancuran.

Chavez juga menyatakan, sudah tiba waktunya bahwa tantangan besar ini harus dihadapi dengan melakukan konsolidasi serta strategi harus disusun untuk memperkuat ekonomi, sosial, politik, energi, dan teknologi.

”Imperialisme sedang memasuki fase kemunduran, ibarat gajah yang tengah menuju kuburan,” tutur Chavez.

Chavez juga membela program nuklir Iran yang dikatakan untuk tujuan damai, bukan membuat bom nuklir.

Ahmadinejad dan Chavez menyaksikan penandatanganan 11 kerja sama bilateral Iran-Venezuela, di antaranya di bidang minyak, gas, tekstil, perdagangan, dan perumahan rakyat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com