Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Tutup Tepi Barat, Pasca-serangan

Kompas.com - 01/09/2010, 22:48 WIB

TEPI BARAT, KOMPAS.com — Pasukan Israel, Rabu (1/9/2010), menutup daerah-daerah Tepi Barat. Sementara itu, sekitar 50 orang ditahan.

Tentara Israel melakukan pemeriksaan dari rumah ke rumah di desa-desa di daerah Al Khalil (Hebron), dekat permukiman Kiryat Arba, tempat dua pasang suami istri termasuk seorang wanita hamil tewas, Selasa petang.

"Kepala staf Angkatan Bersenjata Letjen Gabi Ashkenazi dan para jenderal lainnya berada di lokasi, saat mereka sedang melakukan penilaian situasi operasional dan intelijen," kata militer.

"Kami sedang melakukan sejumlah tingkat operasi sejak peristiwa itu terjadi dan terus melakukan aksi sampai kami menahan teroris-teroris," kata Ashkenazi.

"IDF (Pasukan Pertahanan Israel) bersama dengan berbagai aparat keamanan sedang melakukan operasi dan akan terus dilakukan sampai kami menangkap para pelaku yang bertanggung jawab atas aksi ini," katanya.

Pasukan keamanan menempatkan perintang-perintang jalan di daerah itu. "Pasukan Palestina menahan sekitar 50 orang pada Selasa malam itu," kata seorang pejabat keamanan.

Ia mengatakan, para tersangka adalah pendukung-pendukung Hamas yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Kedua pasang suami istri itu, yakni Yizhak dan Talia Aimes serta Avishai Shindler dan Kochba Even-Chain, ditembak mati, Selasa petang.

"Tampaknya serangan itu dilakukan oleh pelaku yang naik kendaraan, tetapi penyelidikan masih dilakukan," kata militer Israel.

Juru bicara militer Israel Avita Leibovitz mengatakan, ia yakin mereka yang tewas itu adalah para pemukim dari daerah itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com