Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mugabe Berbelanja dan Jenguk Putrinya

Kompas.com - 16/08/2010, 03:15 WIB

Hongkong, Minggu - Presiden Zimbabwe melewatkan akhir pekan dengan berbelanja setelan jas dan sepatu mewah di Hongkong. Di sana dia memiliki sebuah rumah. Putrinya juga kuliah di Hongkong, menurut media setempat, Minggu (15/8).

Perjalanan untuk belanja terjadi beberapa hari setelah dia mengunjungi World Expo di Shanghai, China, dalam rangka Hari Zimbabwe.

China tidak termasuk negara yang menerapkan sanksi pada Mugabe, yang terkena larangan bepergian dan pembekuan aset oleh Barat.

Sebuah tim petugas dari unit perlindungan VIP kepolisian Hongkong mengapit presiden berusia 80-an tahun itu. Pada hari Sabtu dia mengunjungi toko-toko mewah di Distrik Kowloon, Hongkong.

”Pada umumnya, polisi akan melakukan pengaturan keamanan yang sesuai bagi tamu-tamu penting asing,” kata seorang juru bicara polisi melalui e-mail pada AFP. ”Karena alasan operasional, polisi tidak akan memberikan komentar (lebih lanjut).”

Seorang juru bicara pemerintah dikutip mengatakan, Mugabe tidak dalam kunjungan resmi.

Putri Mugabe, Bona, sedang belajar akuntansi di City University Hongkong. Mugabe memiliki sebuah rumah di Distrik New Territories, menurut harian Sunday Morning Post.

Istri pemimpin Zimbabwe itu, Grace, tahun lalu menimbulkan perselisihan diplomatik ketika dia lolos dari dakwaan penyerangan setelah memukul seorang fotografer Inggris. Fotografer itu memotretnya dalam sebuah kunjungan belanja.

Memuji kebaikan China

Departemen Kehakiman Hongkong menyatakan, Grace Mugabe berhak atas kekebalan diplomatik sebagai istri Presiden Zimbabwe, sebuah keputusan yang menimbulkan kritik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com