Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudan Usir Tiga Pemimpin Gerilyawan Chad

Kompas.com - 21/07/2010, 10:22 WIB

KHARTOUM, KOMPAS.com - Sudan, Selasa (20/7) malam, mengusir tiga pemimpin penting gerilyawan Chad. Langkah ini diambil semalam menjelang kunjungan Presiden Sudan, Omar Hassan al-Bashir, ke Chad.

"Saya pastikan itu," kata juru bicara ketiga pemimpin pemberontak tersebut, Abderahman Koulamallah, kepada AFP saat dikonfirmasi  mengenai pengusian mereka dari Sudan.

Ketiga pemimpin gerilyawan Chad itu adalah Timan Erdimi, Mahamat Nouri dan Adouma Hassaballah. "Ketiganya telah meninggalkan Sudan, Selasa malam," katanya beberapa jam setelah seorang diplomat mengatakan kepada AFP bahwa Sudan telah mulai mengusir para pemberontak Chad itu sebelum kunjungan Bashir ke Chad, Rabu.

Kunjungan itu merupakan yang pertama bagi Bashir ke sebuah negara yang mengakui jurisdiksi Pengadilan Kriminal Internasional sejak jaksa pengadilan tersebut mengeluarkan surat perintah penangkapan dirinya. Seorang pejabat Chad di kantor presiden itu mengatakan, Bashir akan menghadiri konferensi mengenai Masyarakat Negara-Negara Sahel-Sahara (CENSAD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com