Badai Agatha Tewaskan 13 Orang

Kompas.com - 30/05/2010, 23:23 WIB
Editoraegi

GUATEMALA CITY, KOMPAS.com - Badai tropis Agatha menghatam pantai Pasifik Guatemala dekat perbatasan Meksiko, Sabtu (29/5), menyebabkan wilayah itu diguyur hujan deras dan sedikitnya 13 orang tewas.

Agatha, nama badai pertama dari musim topan Pasifik 2010, terbentuk Sabtu pagi dan cepat sekali menggebrak daratan. Badai tersebut diduga telah menewaskan 12 orang di Guatemala dan seorang di El Salvador.

Guatemala mengumumkan negara dalam situasi darurat pada saat hujan lebat menghantam negara Amerika Tengah itu, yang memicu terjadi longsoran lumpur yang memutus jalan-jalan, mengubur rumah-rumah dan menimbulkan ketakutan akan nasib penanam kopi terbesar di Amerika Tengah itu, yang sebelumnya sudah dirusak oleh letusan gunung berapi.

"Badai ini sangat gawat... Memburuk mulai sekitar pukul 09:00 Minggu dan kami memperpanjang status negara dalam darurat di seluruh negeri," kata Presiden Alvaro Colom dalam konferensi pers.

Para pekerja darurat melaporkan, sungai-sungai telah meluap akibat hujan deras dan memperingatkan terjadinya banjir lebih buruk ketimbang guyuran debu dari letusan gunung Pacaya di selatan ibu kota, yang memacetkan sistem drainase.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.