Bom Meledak di Najaf Jelang Pemilu Irak, 3 Tewas

Kompas.com - 06/03/2010, 14:58 WIB
Editoraegi

BAGHDAD, KOMPAS.com — Sebuah bom mobil meledak di kota suci Najaf, yang populer di kalangan Muslim Syiah, Irak, Sabtu, sehari menjelang pemilu, dan menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai 50 orang lainnya.

Ledakan itu menghancurkan setidaknya dua bus pariwisata yang diparkir di dekat makam Imam Ali yang merupakan salah satu tokoh paling dihormati di kalangan Syiah. Makam Imam Ali itu menarik jutaan peziarah Syiah Irak dan Iran setiap tahun. Petugas polisi mengatakan, seorang korban tewas merupakan warga Irak dan dua lainnya peziarah Iran.

Direktur Radwan al-Kindi dari Kementerian Kesehatan Najaf membenarkan kematian tiga orang itu.

Ledakan di sejumlah kota di Irak lainnya minggu ini telah menewaskan lusinan orang. Tentara AS dan pejabat Irak telah memperingatkan bahwa pemberontak dapat saja mencoba mengacaukan pemilihan parlemen Irak pada hari Minggu besok dengan melakukan kekerasan.

Najaf terletak 160 meter di selatan Baghdad. Kota itu memiliki sejumlah tempat suci penting bagi kaum Syiah dan memiliki ikatan keagamaan dengan Iran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.