Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Il Akui Terima Surat dari Obama

Kompas.com - 18/12/2009, 19:58 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pihak Korea Utara mengkonfirmasi kalau pemimpinnya Kim Jong Il sudah menerima surat dari Presiden AS Barack Obama. Surat tersebut dibawa oleh Utusan Khusus AS Stephen Bosworth dan diterima oleh Wakil Pertama Menteri Luar Negeri Korut Kang Sok Ju pada Rabu (9/12/2009). Waktu itu, Bosworth berkunjung ke Pyongyang.

"Pemimpin Kim Jong Il sudah menerima surat pribadi dari Presiden Barack Obama," demikian pernyataan resmi Pyongyang sebagaimana diwartakan AP, Jumat.

Bosworth sendiri sebagaimana diungkapkan Departemen Luar Negeri AS memang tengah mengupayakan agar Korut mau kembali ke pembicaraan enam negara soal perlucutan senjata nuklir. Tapi, perjalanan tiga harinya ke Korut tak memiliki agenda bertemu dengan Kim Jong Il. Lagian, isi surat Obama pun tak dipublikasikan baik oleh pihak AS maupun Korut.

Pembicaraan soal nuklir tersebut sejatinya sudah dimulai pada akhir 2003. Negosiasi itu melibatkan pula China, Jepang, Rusia, dan Korea Selatan, termasuk AS. Negara-negara tersebut kebanyakan menawarkan bantuan ekonomi dan konsesi politik sebagai ganti perlucutan senjata tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com