Seratusan Pria Bersenjata Culik 30 Orang di Filipina Selatan

Kompas.com - 23/11/2009, 16:38 WIB
Editorprimus

MANILA, KOMPAS.com — Sekitar 100 orang pria bersenjata, diyakini pengikut seorang politisi lokal, menculik 30 orang di Filipina Selatan, Senin. Penculikan itu diduga bermotif untuk mencegah seorang saingan mengikuti nominasi dalam pemilu yang akan datang.

Kolonel Jonathan Ponce, juru bicara tentara, kepada wartawan mengatakan, seorang perempuan yang berencana mendaftarkan suaminya sebagai calon gubernur provinsi, dua orang pengacara, dan sejumlah wartawan lokal termasuk di antara para korban penculikan di sebuah pegunungan di Provinsi Maguindanao di selatan Pulau Mindanao. "Kami mengirim tentara ke area itu untuk meredakan ketegangan politik di sana," kata Ponce. "Misi kami untuk membebaskan orang-orang itu dan mencegah eskalasi kekerasan antara dua politisi itu," katanya.

Proses pemilihan untuk pemilu nasional pada Mei 2010 dimulai minggu lalu dengan tahapan pendaftaran 8.000 posisi nasional dan lokal. Masa kampanye dimulai pada Februari tahun depan bagi calon presiden, wakil presiden, dan 12 anggota Kongres. Untuk mereka yang mengincar posisi lokal dan sekitar 300 kursi di DPRD, kampanye dimulai akhir Maret. Pemilu sendiri akan dilaksanakan pada 10 Mei 2010.

Pemilu di Filipina biasanya diwarnai kekerasan, terutama di selatan negara itu, di mana pihak keamanan masih bertempur melawan pemberontak komunis, kelompok Islam radikal, dan pertikaian antara klan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.