Obama: AS Tak Pernah Musuhan dengan Islam

Kompas.com - 04/06/2009, 18:15 WIB
Editor

KAIRO, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama mengatakan bahwa sikap minoritas muslim yang terlalu ekstrem membuat Islam dipandang sebagai pembawa kekerasan. Demikian disampaikan Obama saat pidato di Kairo, Mesir, Kamis (4/6), mengenai hubungan Amerika Serikat dan negara Muslim.

"Pelaku kekerasan ekstrem telah mengeksploitasi ketegangan meski itu hanya kelompok kecil Muslim. Serangan 11 September 2001 misalnya dengan beberapa aktivitas kekerasan lanjutan membawa orang-orang di negara saya memandang Islam sama dengan kekerasan...."

Dalam bagian pidatonya, Obama menyampaikan poin penting yang pernah disampaikannya di Turki. "Di Ankara, saya dengan tegas mengatakan bahwa Amerika tidak pernah bermusuhan atau berperang dengan Islam. Meski demikian, kami tetap akan melawan mereka yang mengancam atau mengganggu keamanan. "Karena kami menolak, sama seperti orang dari agama apa pun juga menolak pembunuhan atas perempuan, wanita dan anak-anak yang tidak berdosa."

Obama juga menyatakan bahwa AS tidak ingin mempertahankan pasukannya di Afganistan. "Jangan salah. Kami tidak ingin mempertahankan tentara kami di Afganistan. Kami tak punya markas tentara di sana. Tentu saja bagi Amerika sungguh menyedihkan kehilangan orang-orang muda dan wanita. Secara politis dan ekonomis, sulit untuk mempertahankan konflik ini.

"Kami akan sangat gembira bila setiap tentara kami pulang. Tentu saja bila kami yakin bahwa tidak akan ada lagi kekerasan ekstrem yang terjadi di Afganistan dan Pakistan...."

Obama mengharapkan dimulainya "babak baru keterlibatan" antara AS dan dunia Muslim. Keterlibatan ini bakal menjadi dasar sikap saling menghormati yang menguntungkan satu sama lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.