Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: AS Tak Pernah Musuhan dengan Islam

Kompas.com - 04/06/2009, 18:15 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama mengatakan bahwa sikap minoritas muslim yang terlalu ekstrem membuat Islam dipandang sebagai pembawa kekerasan. Demikian disampaikan Obama saat pidato di Kairo, Mesir, Kamis (4/6), mengenai hubungan Amerika Serikat dan negara Muslim.

"Pelaku kekerasan ekstrem telah mengeksploitasi ketegangan meski itu hanya kelompok kecil Muslim. Serangan 11 September 2001 misalnya dengan beberapa aktivitas kekerasan lanjutan membawa orang-orang di negara saya memandang Islam sama dengan kekerasan...."

Dalam bagian pidatonya, Obama menyampaikan poin penting yang pernah disampaikannya di Turki. "Di Ankara, saya dengan tegas mengatakan bahwa Amerika tidak pernah bermusuhan atau berperang dengan Islam. Meski demikian, kami tetap akan melawan mereka yang mengancam atau mengganggu keamanan. "Karena kami menolak, sama seperti orang dari agama apa pun juga menolak pembunuhan atas perempuan, wanita dan anak-anak yang tidak berdosa."

Obama juga menyatakan bahwa AS tidak ingin mempertahankan pasukannya di Afganistan. "Jangan salah. Kami tidak ingin mempertahankan tentara kami di Afganistan. Kami tak punya markas tentara di sana. Tentu saja bagi Amerika sungguh menyedihkan kehilangan orang-orang muda dan wanita. Secara politis dan ekonomis, sulit untuk mempertahankan konflik ini.

"Kami akan sangat gembira bila setiap tentara kami pulang. Tentu saja bila kami yakin bahwa tidak akan ada lagi kekerasan ekstrem yang terjadi di Afganistan dan Pakistan...."

Obama mengharapkan dimulainya "babak baru keterlibatan" antara AS dan dunia Muslim. Keterlibatan ini bakal menjadi dasar sikap saling menghormati yang menguntungkan satu sama lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com