Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fidel Castro Jalan-jalan

Kompas.com - 28/02/2009, 09:02 WIB

KARAKAS, SABTU — Mantan pemimpin Kuba Fidel Castro, yang sedang sakit dan tak terlihat di tempat terbuka selama bertahun-tahun, kelihatan di jalan kota Havana. "Banyak orang berteriak ketika mengenali dia," kata Presiden Venezuela Hugo Chavez, Jumat (27/2).

Chavez, teman dekat tokoh revolusioner legendaris tersebut, meluangkan waktu beberapa jam bersama Castro di Kuba pada akhir pekan lalu dan mengatakan Castro berada dalam kondisi terbaiknya sejak jatuh sakit tiga tahun lalu.

"Fidel keluar dan mereka (rakyat) melihat dia. Fidel sedang berjalan di Havana, suatu keajaiban, orang-orang berteriak," kata Chavez selama suatu acara guna memperingati pembantaian di Venezuela.

"Tentu saja, ia merencanakannya, jadi tak ada rekaman untuk itu. Tetapi ada beberapa foto yang telah saya lihat. Saya menganggap diri saya istimewa," kata Chavez. Ia tak mengatakan kapan Castro keluar rumah.

Castro (82) tak pernah terlihat di tempat umum sejak menjalani operasi karena sakit di dalam ususnya pada Juli 2006, bahkan ia tak menghadiri peringatan ke-50 revolusi Kuba pada Januari.

Ia secara resmi digantikan oleh adiknya, Raul Castro, sebagai Presiden di negara komunis di Karibia tersebut tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com