Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Anggota Boko Haram Tewas

Kompas.com - 01/04/2013, 07:51 WIB

Tentara Nigeria mengatakan mereka menewaskan 14 anggota kelompok militan Boko Haram dalam sebuah operasi di kota Kano, di sebelah utara negara itu. Namun seorang tentara tewas sementara seorang tentara lainnya cedera dalam operasi yang digelar Minggu 31 Maret.

Militer mengatakan seorang calon pembom bunuh diri juga berhasil ditangkap bersama sebuah mobil yang berisi bahan peledak. "Operasi ini dilaksanakan menyusul informasi dari badan intelijen kami. Anda bisa melihat lebih dari 10 teroris dan semuanya tewas," tutur salah seorang perwira militer Nigeria, Iliyasu Abbah, kepada kantor berita Reuters.

Keamanan ditingkatkan di kawasan utara Nigeria selama masa paskah karena kekhawatiran atas serangan dari Boko Haram.

Serangan Boko Haram

Sejak Boko Haram meningkatkan aksi kekerasan sekitar dua tahun belakangan sudah jatuh korban jiwa ratusan orang akibat aksi penembakan maupun pemboman.

Pada tanggal 19 Maret, dua pembom bunuh diri menyerang sebuah bus dan tempat parkir di Kano sehingga menewaskan sedikitnya 22 orang dan melukai 65 lainnya.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab namun kelompok Boko Haram yang dituduh melakukan serangan tersebut.

Sementara pekan pertama Maret, sebuah kelompok militan yang menamakan diri sebagai Ansaru mengeluarkan pernyataan di internet bahwa mereka Klik telah membunuh tujuh wargaKlik negara asing yang mereka culik pada bulan Februari.

Para sandera tersebut adalah warga Italia, Inggris, Yunani, dan Lebanon yang diculik dari sebuah lokasi konstruksi di negara bagian Bauchi.

Pihak berwenang menduga Ansar merupakan sebuah kelompok militan sempalan Boko Haram.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com