Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penunggak Bunuh Diri, Penyitaan Rumah Dihentikan

Kompas.com - 13/11/2012, 08:57 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Bank-bank Spanyol sepakat untuk menghentikan pengusiran orang-orang yang tidak bisa membayar angsuran rumah mereka dalam waktu dua tahun.

Langkah itu ditempuh akibat kemarahan umum yang meningkat setelah seorang perempuan bunuh diri karena aparat berwenang tiba di rumahnya untuk mengusirnya. Sejumlah unjuk rasa marak di ibukota Madrid menentang langkah penyitaan rumah.

Asosiasi Perbankan Spanyol, AEB, mengumumkan keputusan Senin 12 November atau tiga hari setelah perempuan berusia 53 tahun itu bunuh diri di kota Barakaldo.

Bagaimanapun AEB mengaku bahwa keputusan tersebut sudah lebih dulu disampaikan kepada pemerintah pada tanggal 8 November.

Dalam pernyataanya, AEB menyebutkan 'alasan kemanusiaan dalam kerangka pertanggungjawaban sosial di balik keputusan itu'.

Masih akan dibahas

Bulan lalu, seorang pria di Granada bunuh diri dan diduga penyebabnya juga adalah ancaman penyitaan rumahnya.

Sebanyak 350.000 keluarga dipaksa ke luar dari rumahnya yang disita kembali sejak pasar rumah Spanyol ambruk pada tahun 2008.

Namun kematian dua pengangsur rumah itu yang menghentak masyarakat Spanyol, yang sedang menghadapi pengetatan anggaran di tengah-tengah resesi dan tingginya tingkat pengangguran.

Wartawan BBC di Madrid mengatakan masih belum jelas apakah semua pengangsur rumah atau hanya sebagian saja yang dibebaskan dari penunggakan angsuran.

Pemerintah Spanyol akan menggelar pertemuan dengan kubu oposisi untuk membahas peraturan baru dalam penyitaan rumah-rumah yang angsurannya tertunggak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com