Kompas.com - 17/06/2013, 21:32 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran terpilih Hassan Rohani, Senin (17/6/2013), memperingatkan bahaya intervensi internasional dalam konflik Suriah.

Dia menegaskan, krisis politik di negeri yang kini tercabik perang itu hanya bisa diselesaikan rakyat Suriah sendiri.

"Krisis Suriah harus diselesaikan rakyat Suriah sendiri. Kami menentang terorisme, perang saudara, dan intervensi asing," kata Rohani dalam jumpa pers pertamanya setelah dinyatakan memenangkan pemilihan presiden.

"Semoga, dengan bantuan seluruh negara kawasan dan dunia, kedamaian dan ketenangan akan kembali hadir di Suriah," tambah dia.

Lebih lanjut Hassan Rohani menegaskan, bagaimanapun Presiden Bashar al-Assad masih menjadi pemimpin Suriah. Dan fakta itu harus dihormati dunia internasional.

"Pemerintah (Presiden Bashar al-Assad) harus dihormati negara-negara lain di dunia sampai digelar pemilihan presiden pada 2014. Saat itulah rakyat Suriah akan menentukan pilihan," ujar Rohani.

Pada Sabtu (15/6/2013), Hassan Rohani ditetapkan sebagai pemenang pemilihan presiden Iran setelah meraup lebih dari 50 persen suara. Kemenangan Rohani ini mengakhiri delapan tahun kekuasaan konservatif di bawah kekuasaan Mahmoud Ahmadinejad.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X