Kompas.com - 17/06/2013, 17:23 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Pemerintah Iran tengah mempersiapkan 4.000 tentara ke Suriah untuk membantu Presiden Bashar al-Assad memerangi pasukan pemberontak.

Harian terbitan Inggris, The Independent, melaporkan keputusan untuk mengirim 4.000 personel pasukan Garda Revolusi Iran ke Suriah sudah diambil sebelum pemilihan presiden Iran digelar pekan lalu.

Dengan rencana pengiriman pasukan ini, maka Iran benar-benar berkomitmen untuk membantu rezim Presiden Bashar al-Assad. Demikian sejumlah sumber pro-Iran kepada The Independent.

Jika rencana pengiriman pasukan Iran ini menjadi kenyataan, maka konflik di Suriah berpotensi menjadi konflik panjang dan kian bernuansa sektarian.

Sebelumnya, Amerika Serikat sudah berkomitmen akan memberi bantuan persenjataan kepada pasukan pemberontak karena mengklaim sudah menemukan bukti penggunaan senjata kimia oleh pasukan Pemerintah Suriah.

Amerika Serikat meminta Inggris dan Perancis mendukung langkah ini. Sementara itu, Inggris tengah mengirimkan 350 personel marinir ke Jordania untuk ikut ambil bagian dalam latihan militer gabungan yang diikuti sekitar 8.000 personel dari berbagai negara.

Sejumlah sumber mengatakan latihan perang selama 12 hari bersandi "Eager Lion" itu merupakan bagian dari rencana menempatkan pasukan NATO di Jordania untuk keperluan misi kemanusiaan di Suriah.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.